Penyebab dari menopause dini pada wanita

Menopause diniPenyebab Menopause Dini :

  • Kegagalan ovarium prematur :  Saat seorang wanita mulai mencapai usia 40 tahun, biasanya fungsi ovariumnya akan dapat berhenti secara normal, dan ini merupakan tanda penyebab dari seseorang mengalami menopause dini. Dan pada kondisi ini biasanya wanita akan mengalami kesulitan hamil.
  • Faktor genetik atau keturunan : Ternyata menopause genetik dapat berperan penting dan beresiko pula pada terjadinya menopause dini terhadap keturunan. Sehingga anak perempuan akan mengalami masa menopause yang sama dengan ibu mereka. Dan bahkan anak akan dapat beresiko enam kali lebih tinggi dari ibu nya.
  • Terapi radiasi serta kemoterapi : Pengobatan kanker atau penyakit lainnya yang memanfaatkan kemoterapi atau terapi radiasi disekitar panggul sebagai pengoabatannya bakal menyebabkan menopause dini. Elemen ini disebabkan terganggunya ovarium buat berfungsi menjadi normal kembali.
  • Obat-obatan serta penyakit yang lain : Menopause dini serta sanggup disebabkan dampak dari penggunaan efek samping obat-obatan, contohnya obat kimia, penyakit kronis yang menahun, tumor terhadap kelenjar pituitari serta hipotalamus juga hambatan psikis. diluar itu, penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis dan kelainan kromosom seperti sindrom Turner serta bisa menyebabkan menopause dini.
  • Rutinitas merokok : Merokok yakni salah satu rutinitas yang bisa memengaruhi terjadinya menopause. Sekian banyak penelitian mengungkap bahwa perempuan yang merokok condong mengalami menopause lebih segera di bandingkan perempuan yang tak merokok. Maka dari itu, mulailah dari sekarang untuk menghindari rokok.
  • Kegemukan : Terhadap perempuan yang gemuk, terdapat bisa jadi estrogen tersimpan dalam jaringan lemak maka menyebabkan menopause dini. Kegemukan bakal diukur serta ditandai dengan tingginya angka indeks massa badan.

Baca juga : Obat pencegah menopause dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*